Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Rilis Kinerja APBN Regional Sulawesi

- 15 Agustus 2023, 12:57 WIB
Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Rilis Kinerja APBN Regional Sulawesi
Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Rilis Kinerja APBN Regional Sulawesi /Chanelsulsel /

CHANELSULSEL.COM- Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar konferensi pers untuk merilis kinerja APBN regional Sulawesi Selatan periode s.d. 31 Juli 2023 pada selasa, 15 Agustus 2023 di GKN II Makassar. 

Diantaranya kinerja Perkembangan Ekonomi Nasional. Kondisi pertumbuhan ekonomi nasional pada Semester I 2023 mencapai 5,1% (yoy) sebagai terbaik kedua di dunia setelah Tiongkok dan dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Sementara PDB Kuartal II 2023 tumbuh sebesar 5,17%. Pertumbuhan ekonomi yang baik tersebut merupakan dampak dari berakhirnya masa pandemi.

Baca Juga: Tawarkan Banyak Keuntungan, Live Shopping Shopee Ungguli TikTok, Tokopedia, dan Lazada

Pertumbuhan positif terjadi di hampir seluruh sektor. Perkembangan Ekonomi Regional Sulawesi Selatan berdasarkan data BPS, Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan Triwulan II 2023 tumbuh 5,00%.

Pertumbuhan YoY secara kumulatif sedikit di atas nasional. Adapun sektor yang menyumbang paling banyak terhadap pertumbukan ekonomi Q2-2023 adalah dari Pertambangan dan Penggalian yang tumbuh sebesar 20,70%, kemudian sektor Jasa Lainnya sebesar 17,79%, dan Administrasi pemerintahan sebesar Rp15,65%.

Untuk pertumbuhan ekonomi Q2-2023 menurut Pengeluaran yang paling besar berasal dari Konsumsi Rumah Tangga yang memiliki share terbesar 53,88% dan konsumsi Pemerintah mengalami pertumbuhan positif paling tinggi sebesar 12,54%.

Baca Juga: Berurai Air Mata, Klarifikasi Nikita Mirzani Akui Menyesal Tidak dari Dulu Gandeng Shopee Live Biar Makin Cuan

Inflasi - Inflasi tahun 2020 di gabungan 5 kota IHK (Makassar, Palopo, Parepare, Watampone dan Bulukumba) di Sulsel mencapai titik terendah sejak 2013 yaitu sebesar 2,04%.

Halaman:

Editor: Burhan Andi Baharuddin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x