Kendaraan Listrik Diklaim Jadi Solusi Kurangi Emisi Karbon, Ini Komitmen PLN

- 15 Oktober 2022, 09:16 WIB
Ilustrasi baterai kendaraan listrik
Ilustrasi baterai kendaraan listrik /Pixabay/Mohamed Hassan

 

CHANELSULSEL.COM-  Trend kendaraan lstrik di tanah air semakin di pacu oleh pemerintah saat ini

Hal ini berkaitan dengan sisi transportasi yang merupakan salah satu penyumbang emisi karbon tertinggi di Indonesia

PT PLN (Persero) berkomitmen mengurangi emisi karbon guna mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060, salah satunya dengan membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Baca Juga: 6 Cara Perawatan Motor Listrik, Agar tetap Kondisi Sempurna

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam acara Diskusi bertajuk Menapak Peta Jalan Pemanfaatan Kendaraan Listrik Nasional di Jakarta pada 11 oktober lalu,  menjelaskan bahwa sektor transportasi adalah salah satu penyumbang emisi karbon tertinggi di Indonesia.

Tak kurang dari 280 juta ton CO2e dihasilkan dari sektor transportasi. Jika dibiarkan, maka pada tahun 2060 emisinya akan ada 860 juta ton CO2e per tahun.

“Kita di sini untuk memastikan generasi mendatang lebih baik dari pada hari ini. PLN berkomitmen penuh untuk bisa menurunkan emisi gas rumah kaca,” ungkap Darmawan dikutip dari Antara

Baca Juga: Hanya Rp 72 Juta, Mobil Listrik DFSK FengGuang Mini EV Bakal Ganggu Pasar Wuling?

Lebih lanjut Ia menuturkan, penggunaan kendaraan listrik lebih ramah lingkungan dibandingkan kendaraan BBM.

Dari perhitungan 1 liter BBM sama dengan 1,2 kWh listrik. Emisi karbon 1 liter BBM itu 2,4 kilogram. Sedangkan 1 kWh listrik pada sistem kelistrikan di Indonesia yang masih ditopang oleh PLTU, emisinya sekitar 0,85 kg CO2e. Artinya kalau 1,2 kWh, emisinya sekitar 1,1 kg CO2e.

"Dengan menggunakan kendaraan listrik maka kita sudah menjadi bagian dalam mengurangi emisi karbon lebih dari 50 persen," paparnya.

Baca Juga: Kompor Listrik dan Kompor Induksi Berbeda, Intip Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk mempermudah pengguna kendaraan listrik, PLN siap memberikan berbagai insentif dan layanan, salah satunya dengan layanan home charging.

“Ini perubahan gaya hidup PLN akan memfasilitasi dengan menyediakan home charging untuk setiap pembelian kendaraan listrik” katanya

Halaman:

Editor: Burhan Andi Baharuddin

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah